Jumat, 24 April 2015

Cara Cepat Menguasai Tenses Bahasa Inggris



June 2nd, 2011Cara cepat menguasai Tenses Bahasa Inggris ini pernah saya posting di group belajar bahasa inggris santai di Facebook. Saya tulis ulang disini untuk Anda ya. Di Facebook, tulisan ini tidak banyak dibaca, mungkin karena Blog saya lebih serch engine friendly dibandingkan facebook kali ya? Actully this is cara goblok sih, tetapi terbukti mampu membuat saya menguasai 16 Tenses bahasa inggris. What have I done?
Saya membeli buku tenses, kemudian menyalinnya ke buku tulis, satu demi satu, beserta semua contohnya. Menulis di buku kosong loh, dan bukan untuk dijual tentunya, hehe.. Waktu menulis itu, pelajaran tenses tersebut MERESAP. Ini memerlukan waktu tidak lebih dari 16 hari.
Kemudian saya menyalinya sekali lagi. Jadi bukan hanya sekali. Yang pertama di buku tulis. Break seminggu, kemudian saya tulis lagi dengan bahasa saya sendiri di blog, di internet. Jadi tidak menjiplak la yau. Cerita ulang berdasarkan pemahaman setelah menulis di buku kosong sebelumnya. Cara ini cepat sekali berhasil, dan yang paling menyenangkan lagi dapat UANG pulak, hehe.. Dari mana uangnya? karena di blog saya ini kan ada iklannya, iklan bahasa inggris percakapan jurus kilat, itu laku loh, laris manisss.
Bayangkan dengan metoda lain (I dont know which one) yang memerlukan waktu lebih dari 10 tahun (3 tahun smp, 3 tahun sma dan 4 tahun kuliah) dan banyak yang tetap bingung, hehe..
Ini bagian menariknya:
Setelah Anda menyalinnya di buku tulis Anda tadi, anda akan faham dan akan mulai bisa menulisnya lagi tanpa melihat catatan di buku tulis tersebut. Anda bisa menulisnya di blog dan publikasikan untuk banyak orang, Anda juga dapat amal. Doa anda untuk bisa bahasa inggris mungkin justru cepat terkabulkan karena Anda telah berbagi.
Saya sendiri membuatnya di blog Tenses Bahasa Inggris dot Com ini: http://tensesbahasainggris.com
Blog tersebut ramai sekali, setidaknya ada 1000 pengunjung per hari. Malahan karena remai maka iklan kerjasama berbayar yang saya pajang disana pun laku, biaya membeli blog saya untuk setahun bisa balik dalam sebulan saja. Saya juga jualan kursus percakapan bahasa inggris disana, bukan punya saya sih tetapi bisnis bagi hasil (affiliate). Saya beli dulu paket percakapan waktu itu 100rb rupiah dan sudah banyak laku, profit diatas 1000 persen lah. Anda ingin pesan dan berbisnis bahasa inggris ini? Monggo pesan sekarang, bayar, pelajari dan bisniskan: Belajar Percakapan Bahasa Inggris
Dengan cara itu saya makin bersemangat belajar tenses, tidak merasa capek. Tantangan lain adalah: malu juga kalo tulisan tenses saya tidak benar. Kadang-kadang jawab pertanyaan orang, dan eh menjadi tambah lancar penguasaan terhadap tenses.
Yes, memang perlu sedikit kerja keras dan kreatif, keluarkan modal tenaga dan waktu juga untuk membuatnya, juga keluar uang, tetapi dengan cepat balik lagi dalam bentuk profit, hehe.. Yes, INTERNET MARKETING pun terlibat di dalamnya. Nanti anda saya bagi link dimana Anda bisa belajar internet marketing di sekolah terbaik Indonesia, Gratis pulak bulan pertama.
Menurut saya sih itu CARA TERCEPAT menguasai tenses (bagi saya), saya tidak bilang ini cara termudah. Jelas keuntungannya banyak berlipat: Tenses dengan Cepat dikuasai, blog ramai pengunjung, dapat uang pula. Saya pikir-pikir ini salah satu cara menjadikan bahasa inggris as a part of my life.
So pasti Anda pun bisa mencari cara-cara kreatif Anda sendiri.
Semoga tips saya bermanfaat untuk Anda ya. Thanks for reading this far.
Best Regards
Mufli
PS:
Ide dasar menulis tenses dan menguasainya ini berasal dari perjalanan saya menjalankan internet marketing juga rasanya. Belajar Bisnis Online di Sekolah Terbaik dan Terlengkap di Indonesia, Gratis bulan pertama, Silahkan daftarkan diri Anda disini: 
http://mufli.net/ab     
August 21st, 2011
Ndak perlu bingung mencari tempat belajar tenses bahasa inggris di internet, sebab ada buanyak buanget. Anda tinggal cari saja di Google.com lalu ketikkan kata Belajar Tenses, pasti ketemu banyak :D Kalau sudah ketemu yang cocok, jangan lupa simpan ya alamat websitenya, agar nanti kalau mau ke sana lagi tidak lupa. Tapi menurut saya memang lebih enak belajar tenses dari buku sih. Buku Bahasa Inggris Grammar misalnya karangan Idi Supomo yang berjudul BBC English Grammar menurut saya sangat lengkap, saya juga punya buku itu.
Saya ada referensi juga untuk Anda, alamatnya di TensesBahasaInggris.com. Silahkan ke blog tersebut, Anda akan bisa langsung belajar 16 macam tenses, Gratis pulak.
Anda punya referensi lain dimana bisa belajar tenses online? Silahkan masukkan di dalam komentar ya. Kalau blog saya yang ini (BelajarBahasaInggris.Net ini) memang bukan tempat belajar secara teknis tentang Grammar, bukan pula tempat belajar tenses melainkan tempat ngobrol saja tentang tips belajar, pengalaman belajar bahasa inggris dan sebagainya seputar itu.
Remember, Belajar Tenses itu berat loh kalau niat untuk bisa kurang tebel, hehe.. Anda sudah baca ini: Bisa Bahasa Inggris Tergantung Niat?
Sebenarnya belajar Bahasa Inggris itu ringan, toh hanya bicara berkomunikasi saja dan semua orang perlu berkomunikasi. Siapa yang sering melakukannya maka akan bisa. Niat yang kuat membuat hal yang mudah bahkan semakin cepat berhasil.
Best Regards
Mufli
PS:
Banyak hal lainnya yang mungkin memerlukan niat dan mindset yang lebih kuat, terutama untuk sesuatu yang lebih sulit, seperti Belajar Bisnis Properti misalnya. Dimana anda bisa belajar tentang ini? Disini: 
Belajar Bisnis Properti
Cari Agen Seluruh Indonesia
Kami sedang mencari Agen untuk produk herbal yang LARIS, dapat Toko Gratis dan Fasilitas Promosi» 
detilCara SUKSES Bisnis Online
Disini tempatnya jika ANDA ingin BELAJAR BISNIS ONLINE step by step mulai A sampai Z, Gratis Bulan Pertama» 
detil
Majakani Tissue Dari Boyke & Co
Khusus WANITA, memperketat organ intim, bikin SUAMI making SAYANG, Bikin Miss V Lebih Wangi» 
detil
Stokis ABE Global
Pusat informasi Produk (Foredi, Gasa, Tisu Majakani, LadyFem) Dan bisnis ABE Global Indonesia»
detil
May 13th, 2011Tak sedikit teman yang bingung sebenarnya belajar bahasa inggris itu perlu berurutan antara satu topik dengan yang lain atau harus bareng-bareng? Misalnya apakah sebaiknya belajar tenses dulu atau belajar vocabulary (perbendaharaan kata) duluan?. Menurut saya idealnya sih memang belajar bersamaan, karena punya vocabulary tanpa tau tenses nanti bingung makenya, sebaliknya faham tenses tapi sangat minim vocabulary juga mau diapain tensesnya? Ya kan?
Tentunya kalau dilihat dari jumlahnya, tenses kan ada 16, sedangkan vocabulary alias perbendaharaan kata kan buanyaaakk sekali, sejumlah kata-kata di dunia ini. Jadi ada baiknya kuasai dulu ke 16 tenses bahasa inggris tersebut dengan benar. Vocabularynya ala kadarnya dulu, paling tidak punya beberapa agar bisa bikin contoh-contoh kalimatnya. Belajar tenses yang 16 itu kan cukup 16 hari, satu hari pelajari 1 biji sampai ngelotok. Kemudian nanti ketika meningkatkan vocabulary dalam suatu kalimat baik berbicar atau menulis gunakan aturan-aturan main dalam tenses.
Itu pendapat saya. Fokuskan dulu pada tenses, kuasai 100%. Kalau vocabulary kan memang sebuah pelajaran yang tak akan pernah berakhir.
Jelas pula, jangan pula berkutat hanya pada grammar saja, yang paling penting kan Anda bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Penguasaan tenses dan grammar selalunya membuat Anda dapat berkomunikasi jauh lebih baik, dan kemampuan bahasa inggris Anda bisa lebih awet jika mempunyai dasar-dasar yang kuat. Yang paling penting lagi dalam bahasa inggris pastinya adalah: Menggunakannya sesering mungkin.
May 23rd, 2011
Buku bahasa inggris grammar yang bagus misalnya BBC English Grammar by Idi Supono terbitan Wahyu Media. Ini buku tatabahasa inggris yang saya punya satu-satunya saat ini :) Banyak sih sebenarnya buku grammar yang keren dan lengkap. BBC English Grammar ini salah satunya. Saya lupa berapa dulu saya beli buku ini. Kadang-kadang saya juga pinjam buku anak SMA, kebetulan ada ponakan saya dekat rumah sini yang masih sekolah jadi bisa pinjam sekaligus menyemangatinya untuk menjadikan bahasa inggris sebagai bagian dari hidupnya nanti.
Selingan lain tentang buku: Jika Anda suka pribahasa sehari-hari dalam bahasa inggris, ada buku tipis dan isinya 600 lebih pribahasa inggris, lengkap dengan tejemahannya juga. Buku ini karangan Dewme Rain, judulnya Everyday English Proverbs, Warna buku ini biru, cukup kecil sekitar seukurang buku tulis sederhana dibagi dua. Kalau Anda pas jalan-jalan ke toko buku kesayangan Anda silahkan lihat-lihat dulu.
Semoga informasi buku bahasa inggris grammar singkat ini bermanfaat untuk Anda.
July 12th, 2011
Kalau kursus bahasa inggris gratis seputar tenses dan grammar sudah banyak beredar di internet ini, sedangkan yang sifatnya percakapan bahasa inggris masih lebih sedikit. Penyebabnya tentu karena sumber daya di internet yang dibutuhkan untuk suara dan video seperti kecepatan akses internet, media penyimpanan dan sebagainya masih lebih terbatas dibandingkan yang berbasis teks. Contoh kursus bahasa inggris yang GRATIS tentang tatabahasa khususnya 16 macam tenses dapat anda baca secara online disini: Kursus Tenses
Sedangkan untuk percakapan bahasa inggris yang sepenuhnya gratis dan sangat lengkap masih sulit dicari. Namun yang semi gratis mulai banyak, biasanya ada bagian yang gratis dan ada pula bagian yang lebih lengkap dan perlu membayar. Nah yang satu ini, ada beberapa bagian yang gratis seperti saya maksudkan itu ada disini: http://mufli.net/en
October 30th, 2011
Kunci untuk belajar bahasa inggris agar cepat bisa adalah berani. Siapa yang benar-benar tidak takut bisa bahasa ini maka ia akan benar-benar tidak memerlukan waktu yang panjang untuk bisa berbahasa inggris baik menulis, membaca, berbicara dan mendengar. Tidak perlu setahun untuk bisa bahasa inggris seperti anda berbahasa Indonesia jika Anda memang terbukti berani :)
Sudah baca artikel saya yang ini: Ajari Orang Inggris Bahasa Indonesia? Itu memerlukan orang yang benar-benar berani loh!.
Jangan takut beli buku, investasikan sedikit uang anda untuk belajar Percakapan Bahasa Inggris. Tetapi jelas anda harus benar-benar berani membaca buku-buku yang Anda beli, berani secara berulang-ulang menirukan audio percakapan yang Anda beli. Berani salah dan tetap praktekkan bahasa inggris Anda dan berani pula dengan cepat memperbaiki kesalahan-kesalahan anda dalam berbahasa inggris tersebut.
Sederhana kan? Yes, yang sederhana itulah yang bisa bekerja efektif. Beranikah Anda benar-benar mengerjakan tips sederhana ini untuk bisa bahasa inggris? Yuk kita lebih berani lagi dan bisa bahasa inggris jauh lebih cepat dari yang kita bayangkan sebelumnya.
Written on 18 Oktober 2011 – 22:14 | by miftah
Cara cepat belajar bahasa inggris mudah diucapkan tapi susah dibuktikan. Kita memahami bahwa semua orang punya kemampuan berpikir berbeda beda. Untuk yang orang dengan talenta otak kiri menonjol maka dia punya kesempatan untuk membuktikan cara cepat belajar bahasa inggris, tapi bagi yang kemampuannya pas pasan, maka meski ada cara cepat belajar bahasa inggris secara mudah maka tetap saja tak bisa dikuasai dalam waktu singkat. Namun demikian bukan berarti orang berkemampuan otak kiri rendah tak bisa berhasil dalam belajar bahasa inggris. Peluang untuk berhasil tetap ada asal ada ketekunan secara terus menerus tanpa mengenal putus asa. Sebagai bahan pertimbangan dalam belajar bahasa inggris dengan cara lebih cepat maka bisa membaca 5 tips mempercepat dalam belajar bahasa Inggris dibawah ini :
Pertama, mìliki keyakinan yang tinggi sebelum belajar. Mempelajari sesuatu yang rumit dan asing adalah bagian dari tantangan yang menekan pikiran. Buang pikiran negatif dan rasa pesimis sebelum belajar. Pegang teguh prinsip bahwa memang tak ada yang mudah tapi hampir tak ada yang tak mungkin kalau keyakinan telah tertanam kuat. Kedua, hapalkan kosa kata sebanyak banyaknya tanpa batasan. Jangan menghapalkan kosa kata dalam jumlah banyak sekaligus tetapi tidak rutin. Langkah terbaik adalah menetapkan target harian terhadap kosa kata yang akan dihapalkan. Lebih baik hapalkan 5 kata kerja tiap hari secara terus menerus daripa 10 kata tetapi cepat hilang. Agar tidak mudah dilupakan maka setelah hapal, ulangi kosa kata tersebut minimal 10 kali dalam 3 menit. Ketiga, cara cepat belajar bahasa inggris bisa ditambah dengan membentuk kelompok diskusi. Dalam kelompok diskusi setiap anggota wajib berbicara dalam bahasa inggris dan dilarang keras berbicara dalam bahasa lain hingga waktu selesaì. Tetapkan aturan yang berat supaya semua anggota dipaksa untuk terbiasa disiplin. Pada awal berdiri kelompok diskusi bahasa inggris biasanya jumlah anggotanya banyak, tapi lama kelamaan akan berkurang. Tapi yakinlah siapapun yang tetap bertahan di dalam kelompok maka mereka akan punya kemampuan jauh melebihi orang lain. Keempat, cara cepat belajar bahasa inggris juga bisa dengan mengumpulkan majalah bekas atau koran bekas berbahasa inggris. Paham gak paham coba biasakan untuk membaca minimal 1 halaman setiap harinya. Tidak usah memikirkan ini apa artinya dan itu apa maknanya. Dan cara cepat belajar bahasa inggris yang kelima adalah mulai belajar english sekarang juga
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
PDF
Print
E-mail

Written by Arief Furchan
Thursday, 29 October 2009 22:18
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DI MILLENIUM III
Oleh
Arief Furchan
Pendahuluan
Ciri Millenium III
Millenium ke tiga, yang telah kita masuki saat ini, mempunyai ciri, antara lain, kemajuan iptek yang amat pesat.  Perkembangan teknologi yang cept ini dapat kita lihat terutama di bidang komputer.  Belum habis kekaguman kita dengan diciptakannya processor yang cepat, sudah muncul lagi processor yang lebih cepat dan lebih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menggunakan internet.  Belum sempat kita menikmati processor baru tersebut, telah terbetik berita bahwa Intel akan merilis processor baru yang lebih mampu melakukan multitasking.  Demikian pula di bidang telekomunikasi, kedokteran, dsb.
Kepesatan kemajuan iptek ini, terutama di bidang telekomunikasi, telah menyebabkan hubungan dan pertukaran informasi antar bangsa menjadi lebih mudah dan mendorong terjadinya proses globalisasi.  Globalisasi di bidang ekonomi telah mendorong terbentuknya kerjasama ekonomi antar negara dan menghasilkan apa yang dikenal dengan pasar bebas.  Di kalangan negara ASEAN, pasar bebas antar mereka disepakati diberlakukan pada tahun 2003.  Untuk kawasan yang lebih luas lagi, Asia Pasifik, disepakati bahwa pasar bebas antar negara anggota APEC akan diberlakukan pada tahun 2010 untuk negara maju dan 2020 untuk negara yang sedang berkembang.  Inti dari perjanjian pasar (perdagangan) bebas ini adalah pengurangan hambatan non-tarif atas lalu lintas keluar masuknya uang, barang, jasa, dan uang di antara negara anggota.
Millenium III juga disebut sebagai abad informasi,  Hal ini disebabkan oleh begitu banyak dan mudahnya informasi dapat diperoleh orang saat ini.  Melalui teknologi televisi satelit, orang dapat mengetahi apa yang terjadi di seluruh dunia secara langsung pada saat peristiwa itu terjadi (Bayangkan, ketika Perang Dunia II terjadi, berita tentang pendaratan di Normandy di Eropa baru dapat diketahui oleh penduduk Amerika dua minggu sesudahnya).  Ditemukannya teknologi compact disc telah memungkinkan orang dapat menyimpun seluruh isi Ensiklopedia Brittanica, yang terdiri atas lebih dari 28 jilid buku tebal, ke dalam satu keping CD.  Melalui CD, orang juga dapat melihat video kehidupan binatang di alam bebas, di laut dalam, dsb.  Bahkan, melalui sekeping CD, kini orang dapat belajar piano atau gitar dari seorang ahli dan guru musik kelas dunia.
Melalui internet, kita kini dapat menjelajahi berbagai negara untuk mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan, mulai dari yang bermanfaat sampai ke yang tidak bermanfaat.  Kita dapat melihat katalog buku yang ada di hampir seluruh perpustakaan Perguruan Tinggi di Amerika tanpa harus keluar dari kamar kita.  Di beberapa perpustakaan, kita bahkan dapat membaca beberapa buku atau artikel yang telah mereka masukkan ke dalam komputeriii.  Beberapa lembaga pendidikan tinggi juga telah menawarkan program pendidikan jarak jauh melalui internet.  Untuk mereka yang tertarik dengan informasi mengenai Islam, ada beberapa situs yang dikelola oleh kelompok mahasiswa dan masyarakat muslim yang khusus ditujukan untuk penyebaran informasi mengenai Islam (dakwah).  Beberapa profesor di bidang ilmu Islam (Islamicists) juga mempunyai situs yang khusus mengenai Islam.  Melalui situs-situs seperti ini biasanya anda akan menemukan links atau hubungan ke situs-situs lain yang sejenis.
Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris pada Millenium III
Perkembangan teknologi yang merambah hampir semu sektor kehidupan akhir-akhir ini semakin memantapkan kedudukan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional.  Kontak antar bangsa yang semakin sering terjadi akibat semakin mudah, murah, dan cepatnya sarana transportasi jelas memerlukan alat komunikasi (bahasa) yang difahami oleh kedua belah fihak.  Dalam hal ini, bahasa Inggris menduduki tempat teratas dalam hal banyaknya orang asing yang menggunakannya sebagai bahasa antar bangsa.
Bahasa Inggris dibutuhkan bukan saja oleh mereka yang harus berhubungan dengan orang asing melainkan juga oleh mereka yang ingin menguasai iptek.  Agar tidak ketinggalan zaman (ketinggalan informasi mutakhir), mereka harus rajin mengikuti perkembangan mutakhir di bidang ilmu yang digelutinya melalui artikel atau makalah yang ditulis oleh rekan-rekan seprofesi mereka di berbagai negara.  Kendati artikel atau makalah itu ada juga yang ditulis dalam bahasa lain, sebagian besar ditulis dalam Bahasa Inggris.  Adanya internet telah makin memudahkan mereka untuk mendapatkan artikel terbaru di bidangnya.
Oleh karena itu, kalau kita ingin memanfaatkan berbagai peluang yang terbuka akibat kemajuan teknologi yang telah dan akan terus berlangsung ini, kita perlu menguasai salah satu bahasa internasional itu dan yang paling banyak dipakai di dunia ini adalah Bahasa Inggris.  Dengan penguasaan bahasa Inggris, kita akan dapat menguasai iptek, karena banyaknya karya ilmiah yang ditulis dalam bahasa itu.  Dengan ketrampilan berbahasa Inggris, kita juga akan mampu memanfaatkan peluang yang terbuka akibat pasar bebas untuk bekerja dan berdakwah di luar negeri.
Pengajaran Bahasa Inggris di sekolah Islam
Namun, kenyataan menunjukkan bahwa program Bahasa Inggris di kebanyakan Lembaga Pendidikan Islam (mulai Madrasah Tsanawiyah sampai ke IAIN/STAIN atau PTAIS) kurang berhasil kalau tidak boleh dikatakan telah gagal samasekali.  Setelah belajar Bahasa Inggris selama enam tahun (Mulai dari Tsanawiyah sampai lulus Aliyah) para siswa masih belum mampu berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris.  Bahkan merek juga belum mampu memahami buku teks berbahasa Inggris yang seharusnya mereka baca di perguruan tinggi.
Berdasarkan pengamatan pribadi selama ini, saya berkesimpulan bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab bagi kegagalan program bahasa Inggris di sekolah Islam ini.  Tentu  saja, tidak setiap lembaga pendidikan Islam memiliki semua kemungkinan penyebab ini.  Mungkin ada lembaga pendidikan yang mempunyai beberapa faktor, bahkan mungkin hanya satu faktor saja.  Faktor-faktor itu, antara lain, adalah:
  • Kurang fokusnya program pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikan Islam.  Pembelajaran Bahasa Inggris biasanya dilakukan di kelas seperti mata-pelajaran yang lain, dengan murid yang heterogen dan berjumlah banyak.   Bahan dan latihan kebahasaan yang diberikan biasanya didasarkan pada kurikulum sekolah yang berlaku nasional.  Karena Bahasa Inggris merupakan salah satu mata uji dalam Ebtanas, maka fokus perhatian guru dan siswa seringkali lebih terarah kepada bagaimana agar siswa lulus dan mendapat nilai tinggi dalam Ebtanas Bahasa Inggris, bukan pada penguasaan ketrampilan berbahasa oleh siswa.
  • Program lebih bersifat formalitas dan melupakan kualitas.  Di beberapa lembaga pendidikan Islam saya melihat seringkali program pembelajaran Bahasa Inggris di kelas itu hanya merupakan formalitas belaka.  Guru Bahasa Inggris tidak dipilih berdasarkan kemampuan bahasa Inggrisnya.  Bahkan saya menemui beberapa guru bahasa Inggris yang tidak dapat berbahasa Inggris!  Dengan kualitas guru Bahasa Inggris seperti itu, kiranya tidak mungkin akan menghasilkan siswa yang mampu berbahasa Inggris.
  • Guru Bahasa Inggris di beberapa sekolah Islam lebih memusatkan perhatiannya kepada mengajarkan komponen bahasa (Structure, Vocabulary) daripada mengajarkan ketrampilan berbahasa (berbicara, memahami bacaan, dan mengarang secara tertulis).  Siswa lebih banyak belajar tentang bahasa daripada belajar bahasa.  Bahasa yang fungsional pada hakikatnya adalah keterampilan, yakni keterampilan mendengarkan (memahami percakapan), berbicara (dan dimengerti oleh orang lain), memahami bacaan, dan menulis (mengungkapkn isi pikiran melalui tulisan).  Setiap keterampilan tersebut didukung oleh beberapa komponen seperti structure, vocabulary, dan pengenalan bunyi dan tulisan.  Kita sering meoihat bahwa guru bahasa Inggris lebih asyik mengajarkan structure daripada mengajarkan keterampilan berbicara, memahami bacaan, atau mengarang.
  • Salah satu faktor kemungkinan penyebab kekurang berhasilan program pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah Islam, menurut saya, adalah kurangnya komitmen pengelola lembaga pendidikan Islam akan keterampilan berbahasa Inggris siswanya.  Banyak pimpinan lembaga yang tidak merasa bahwa penguasaan Bahasa Inggris itu penting bagi siswa.  Akibatnya mereka tidak termotivasi untuk berusaha keras agar pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikannya berhasil.  Tidak ada penunjukan seorang ahli untuk mengelola program pembelajaran Bahasa Inggris, tidak cukupnya dana yang dialokasikan untuk program ini, dan tidak ada fasilitas penunjang serta lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran Bahasa Inggris merupakan indikasi kurang komitmennya pimpinan dalam masalah ini.
  • Kegagalan program pembelajaran Bahasa Inggris seringkali juga disebabkan oleh kurang profesionalnya guru Bahasa Inggris yang diserahi tanggung jawab oleh sekolah.  Guru tersebut mungkin memiliki ijazah dari Jurusan Bahasa Inggris namun ijazah formal itu mungkin tidak diikuti dengan profesionalitas yang memadai.  Guru bahasa Inggris yang baik dan profesional, menurut saya, minimal harus memiliki hal-hal sebagai berikut.
    • Lancar berbicara dalam Bahasa Inggris
    • Memiliki skor TOEFL minimal 500
    • Memiliki pengetahuan yang cukup tentang ilmu bahasa (Linguistics)
    • Memiliki antusiasme mengajar bahasa
Beberapa Saran untuk Pengembangan Program Pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Islam
Berdasarkan analisa kemungkinan penyebab kekurang-berhasilan program pembelajaran Bahasa Inggris di banyak lembaga pendidikan Islam di atas, saya ingin menyarankan hal-hal berikut:
  1. Hindari formalitas, utamakan kualitas.  Mengingat bahasa adalah keterampilan dan keterampilan itu memerlukan praktek yang intensif, program pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikan Islam hendaknya tidak disamakan dengan program pembelajaran mata-pelajaran lain yang tercantum dalam kurikulum.  Bahasa Inggris hendaknya diberikan di luar jam pelajaran biasa (sore hari bagi sekolah yang masuk pagi dan pagi hari bagi sekolah yang masuk sore).  Kelas bahasa hendaknya juga tidak terlalu besar, maksimum 30 orang dengan jumlah ideal 20.  Buat pelajaran Bahasa Inggris seperti kursus Bahasa Inggris yang ada di masyarakat.  Dana lebih besar yang diperlukan untuk pengaturan seperti dapat ditutup dengan mewajibkan siswa untuk membayar uang kursus.  Apabila ada bukti nyata akan keberhasilan program semacam ini, insya Allah para orang tua siswa tidak akan keberatan untuk membayar uang tambahan itu.
  2. Tegaskan fokus pembelajaran bahasa Inggris.  Susunlah program pembelajaran Bahasa Inggris itu berdasarkan fokus yang jelas.  Misalnya, tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah X adalah menjadikan siswa mampu bercakap-cakap dengan lancar dalam Bahasa Inggris dan mampu memahami isi bacaan berbahasa Inggris untuk tingkat menengah.  Kalau perlu, dapat juga ditambahkan kemampuan menulis surat umum dalam bahasa Inggris.  Dengan fokus tujuan yang tegas ini, guru akan dapat menyusun kegiatan, bahan, dan latihan yang diharapkan akan membuat siswa mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.  Jenjang yang umumnya digunakan dalam kursus Bahasa Inggris adalah:
    1. Conversation
    2. General English
    3. English for Special Purposes
    4. Writing
    5. TOEFL
  3. Ajarkan keterampilan, bukan komponen.  Saran ini hanya mempertegas dua saran sebelumnya.  Kita akan berhasil dalam program pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikan kita kalau kita mau membuang kebiasaan lama yang keliru itu, yaitu kebiasaan untuk mengajarkan komponen bahasa dan bukan keterampilan bahasa.  Pertanyaan yang mungkin akan timbul adalah ‘bagaimana dengan Ebtanas Bahasa Inggris yang lebih menekankan evaluasi tertulis dan obyektif daripada tes percakapan?’
Meskipun kurikulum, materi, dan bentuk latihan yang diberikan dalam pelajaran Bahasa Inggris model kursus ini berbeda dengan kurikulum nasional untuk SLTP/SMU, tujuan yang ingin dicapai adalah sama: yakni siswa memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris sampai taraf intermediate.  Pengalaman menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti kursus bahasa Inggris di luar sekolah tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal Bahasa Inggris di Ebtanas SMU, apalagi SLTP.  Apalagi kalau kursus itu dilakukan di sekolah kita sendiri, kita dapat memasukkan latihan-latihan ujian itu ke dalam program kursus.  Keterampilan bercakap-cakap akan membuat siswa makin termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya.
4.  Ciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran Bahasa Inggris.  Penciptaan lingkungan ini dapat dilakukan dengan, misalnya, sering mengadakan lomba pidato Bahasa Inggris, Quiz Bahasa Inggris, drama berbahasa Inggris, perpustakaan yang berisi buku-buku cerita berbahasa Inggris, majalah dinding berbahasa Inggris, pengumuman-pengumuman dalam bahasa Inggris, dlsb.
Penutup
Makalah ini telah membahas secara singkat pentingnya bahasa Inggris bagi umat Islam di saat kita akan memasuki Millenium III ini.  Millenium III yang bercirikan kemajuan iptek, globalisasi dan informasi ini menuntut orang-orang yan menguasai bahasa-bahasa internasional semisal Bahasa Inggris.  Sayang, dalam prakteknya banyak program pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikan yang kurang berhasil atau gagal sama sekali. Hasil pengamatan pribadi mengenai kemungkinan penyebab kegagalan itu telah disampaikan dan beberapa saran pemecahan juga telah diutarakan.  Sebagai penutup, saya ingin menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja program pembelajaran di lembaga pendidikan Islam diperlukan keberanian para pengelola lembaga pendidikan Islam untuk melakukan terobosan-terobosan kreatif yang disertai komitmen yang tinggi untuk mengalokasikan sumberdaya (waktu, dana, orang, dan tempat).
Catatan akhir
i Makalah disajikan pada Seminar “Pembelajaran Bahasa Inggris Bernuansa Islam Memasuki Millenium III” yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah, IAIN Antasari Banjarmasin, 9 Oktober 1999.
ii Pembantu Rektor I, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
iii Saat ini Anda dapat membaca beberapa artikel yang dimuat dalam beberapa Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Sunan Ampel Surabaya melalui internet.
1
Beda cara beda hasil kawan, Orang biasa kursus bahasa inggrisnya bisa jadi hanya standard saja. Walaupun Anda juga belajar bahasa ini ditempat biasa tetapi Anda bisa belajar dengan cara yang luar biasa, saya menyebutnya belajar bahasa inggris secara TOTAL :) Kita bahkan bisa belajar bahasa ini sambil berbisnis dan dapat uang pula! Ketika itu terjadi maka sebenarnya kita telah menjadikan bahasa Inggris itu sebagai bagian dari hidup, dan bisa atau tidak bisa karena sudah terpaksa maka pasti bisa, hehe.. Bagaimana Caranya?
Contohnya gini: Jika Anda seorang guru bahasa inggris misalnya, maka Anda terpaksa bisa kan? Jika belum pede mungkin Anda akan kursus bahasa inggris dengan cara yang luar biasa. Anda akan belajar jauh lebih cepat dibandingkan dengan teman-teman lain yang mungkin bidang kerjanya tidak bersentuhan secara langsung dengan bahasa inggris. Ya kan?
Saya sendiri bukan guru bukan ahli dalam bahasa Inggris, hanya saja senang dan hobby dan menjadikannya sebagai bagian dari hidup, misalnya dengan membuat blog ini untuk Anda. Saya belajar giat agar tidak malu dengan Anda para pembaca, eh ahirnya bisa juga 16 Tenses ini :)
Bahkan saya dapat UANG lumayan banyak dari bisnis bahasa inggris tanpa mengajar. Nah, ini juga salah satu cara menjadikan bahasa ini sebagai bagaian dari hidup kan? Coba Anda lihat GAMBAR BANNER yang kelap kelip di pojok atas, banyak yang beli, laris banget! :) Yes, saya juga kursus disana, belajar percakapan bahasa Inggris lewat audio mp3, nanti juga akan ada forum untuk member. Pokoknya ini sangat keren. Bayar sih memang benar, tetapi serasa GRATIS bahkan dengan banyak profitnya. Otak saya dicuci dengan kursus disana dan TERMOTIVASI sangat dahsyat. Anda harus mencoba ini, materinya mantap sekali. Simpan alamatnya disini:
Saran saya, jangan hanya ambil materi yang gratis saja, tetapi ambil yang lengkap dengan membayar keanggotaan. Jadikan bisnis, jadikan bagian dari gaya hidup anda di internet!, maka motivasi belajar anda juga akan meningkat, bisa bahasa inggris, bisa berbisnis dan dapat keuntungan beruntun.
Alamat websitenya ada disini: http://mufli.net/en (klik).
Ok teman, saya masih ada beberapa artikel yang akan membantu Anda tetap termotivasi dan lebih cepat bisa bahasa inggris dibandingkan orang lain. Misalnya, bagaimana cara kursus bahasa inggris secara total seperti judul posting saya. Anda dapat membacanya disini: Kursus Bahasa Inggris. Ada banyak artikel lainnya yang berkaitan dengan itu.
Intinya blog yang satu itu adalah tentang Cara Belajar Bahasa Inggris, Bukan Grammar Atau Tenses Tetapi Ngobrol Cara Belajar Bahasa Inggris itu sendiri. Contoh artikel lainnya: Cara Cepat Menguasai Tenses Bahasa Inggris, Cara Nonton Video, Jurus Rajin, Jurus Nekad dan sebagainya. Semuanya dapat Anda baca di blog http://belajarbahasainggris.net
Ok teman, sekian dulu posting yang lumayan panjang kali ini, jarang-jarang menulis sepanjang ini, hehe.. Jangan lupa, kalau kursus bahasa inggris maka lakukanlah secara TOTAL, artikelnya tadi bisa Anda baca secara lengkap disini:Kursus Bahasa Inggris Secara Total
Sedangkan untuk kursus percakapan bahasa inggris sekaligus dapat uang tadi, alamat webnya disini: http://mufli.net/en (jangan lupa upgrade).
August 3rd, 2009 by Mufli | Filed under Artikel.
Toko Mantap!
Menyediakan Foredi, Gasa, Tisu Majakani, LadyFem di Kota Anda. Silahkan kontak Distributor Di Website Ini» 
detilArtikel Kerja Di Rumah 
Kerja di rumah yuk, sambil berkumpul bersama keluarga tercinta, nikmati waktu yang lebih bebas, penghasilan keren!» 
detil
Foredi: Perkasa 5 – 8 Jam
Khusus Pria Dewasa Untuk Tahan Lama Berhubungan Intim, Aman, Legal dan Resmi, Khasiat Bertahan 5 Hingga 8 Jam, Buktikan» 
detil
Toko Foredi Khusus Dewasa
Ingin Beli Foredi ? Menyediakan Antiseptik Lokal Untuk Organ Intim Pria Dewasa (Tahan Lama), Bisa Order Cepat Lewat SMS» 
detil
Tips agar bisa bahasa inggris kali ini sangat sederhana, hanya berawal dari ilmu kuno para leluhur yaitu bisa karena biasa
Saya sendiri mempunyai satu cara yang sangat ampuh bin jitu untuk terpaksa menjadi terbiasa, yaitu dengan memposisikan diri seperti dalam situasi yang memaksa, sehingga siapa yang tidak bisa kalau dalam keadaan terpaksa?. Blog seputar belajar bahasa inggris gratis, saya menuliskan tentang cara menginstall bahasa inggris ke dalam diri kita. Jelas cara untuk bisa bahasa inggris seperti yang saya sebutkan tadi tidak akan berlaku bagi orang-orang yang tidak mau menerapkan ilmu “bisa karena biasa tadi” hehe..
Jelas ilmu bisa karena biasa dalam bahasa inggris tersebut tak dapat diragukan lagi, karena sudah terbukti sejak jaman nenek moyang, bukan karangan saya. Anda Anda bisa membacanya lebih lengkap, bagaimana salah satu cara yang bisa Anda terapkan, seperti yang telah saya lakukan. Silahkan baca disini: Cara Menginstall Bahasa Inggris.
Best Regards
Mufli
PS:
Anda ingin terbiasa menulis di internet? Bagaimana kalau Menulis dapat duit? Join saya di milinglist khusus untuk menulis dapat duit di sini: 
Menulis Online Dapat Duit
Anda ingin terbiasa dengan dunia bisnis jaringan yang paling mudah bisa lewat internet bisa juga tanpa internet? Anda akan memahmi bahwa jalur network adalah jalur dahsyat. Disini tempatnya: Bisnis Pulsa Luar Biasa
January 12th, 2010 by Mufli | Filed under Artikel.
Tisu Majakani Khusus Wanita
Menjaga kebersihan dan lebih higienis bagi organ intim wanita, Memulihkan elastisitas organ intim kewanitaan» 
detilArtikel Kerja Di Rumah 
Kerja di rumah yuk, sambil berkumpul bersama keluarga tercinta, nikmati waktu yang lebih bebas, penghasilan keren!» 
detil
Majakani Tissue Dari Boyke & Co
Khusus WANITA, memperketat organ intim, bikin SUAMI making SAYANG, Bikin Miss V Lebih Wangi» 
detil
Foredi Untuk Pria Tahan Lama
Berfungsi untuk memperpanjang durasi hubungan suami istri atau tahan lama, tetap berkhasiat 5-8 jam, dahsyat!» 
detil
Apa kabar teman-teman? Moga-moga dalam keadaan cemerlang yah!. Wah lumayan lama juga baru posting lagi di blog Tenses Bahasa Inggris ini, ada setahun sudah, waktu terakhir membuat artikel tentang Kursus Bahasa Inggris Secara Total itu kan tahun 2009, sekarang sudah 2010, hehe.. Mau ngucapin selamat tahun baru di blog ini sudah telat deh rasanya:) Maaf ya. Tetapi bagaimana kalau kita menganggap setiap hari adalah tahun baru? Mungkin rasanya akan berbeda. Loh Ebooknya mana? haha.. ntar dulu kawan, sabar dikit napa?
Saya pernah menulis tentang Everyday is a New Year day. Bahkan sampai saat ini berusaha keras untuk menginstallnya ke badan eh otak saya. Sebab biasanya, ketika tahun baru akan datang, kita punya RESOLUSI. Termasuk resolusi untuk menguasai bahasa Inggris misalnya. Tapi sayangnya sering baru tanggal 7 di tahun berikutnya itu sudah lupa resolusinya tadi, hehe. Nah kalau setiap hari esok adalah tahun baru maka paling tidak kita ingat terus resolusi untuk bisa bahasa inggris tersebut. Dan akhirnya tentu bisa beneran, bisa lebih cepat jagonya. Ya kan?
Jadi, karena ini posting pertama tahun baru, dan hari esok bisa juga kita anggap tahun baru, “Selamat Tahun Baru untuk Anda” :)
Ok deh, back to Ebook Jurus Tarzan ya.
Sebenarnya saya sudah menulis tentang Belajar Bahasa Inggris Jurus Tarzan ini di blog yang lain. Kali ini saya jadikan buku tipis (ebook). Jadi bisa didownload di komputer Anda, boleh juga Anda bagikan ke teman-teman Anda nantinya. Yang enak bagi saya, ketika Anda download ebook ini nanti saya dapat Dollar. Anda dapat Ilmu, wahaha… mulai bisnis nih guwe..
Benar kok, bahwa di internet ini, ebook tipis saja bisa menghasilkan uang tuh. Apalagi jika kita jual ke seluruh dunia. Tentunya ebooknya akan lebih baik kalau ditulis dalam bahasa Inggris. Tuh kan, sangat erat hubungan antara bahasa Inggris dan Bisnis Internet itu. Karena itulah, saya serius sekali belajar Internet Marketing, termasuk dengan cara membagikan Ebook Tipis nan mengundang penasaran, serta kalau dibaca nanti enak rasanya, hehe..
Okelah, itu intro saja. Sekarang silahkan Download Ebook Jurus Tarzan Belajar Bahasa Inggris dulu, setelah tanda tangan saya dibawah ini nanti Anda bisa menemukan link dari saya untuk Belajar Internet Marketing tadi, serta juga menggunakan ebook tipis untuk bisnis. Yuk download sekarang disini:BahasaInggrisJurusTarzan
Majakani Tissue Dari Boyke & Co
Khusus WANITA, memperketat organ intim, bikin SUAMI making SAYANG, Bikin Miss V Lebih Wangi» 
detilCara SUKSES Bisnis Online
Disini tempatnya jika ANDA ingin BELAJAR BISNIS ONLINE step by step mulai A sampai Z, Gratis Bulan Pertama» 
detil
Tisu Majakani Khusus Wanita
Menjaga kebersihan dan lebih higienis bagi organ intim wanita, Memulihkan elastisitas organ intim kewanitaan» 
detil
Toko Foredi Khusus Dewasa
Ingin Beli Foredi ? Menyediakan Antiseptik Lokal Untuk Organ Intim Pria Dewasa (Tahan Lama), Bisa Order Cepat Lewat SMS» 
detil
Rekans, Gabung Newsletter Bahasa Inggris Gratis saya ya. Ini tentang cara CEPAT belajar Bahasa Inggris, termasuk belajar tenses tentunya. Semua materi akan saya kirimkan langsung ke email Anda. Banyak yang meminta begitu kan selama ini dalam komentar di blog ini, jadi saya sediakan untuk Anda, Gratis dong pastinya. Newsletter ini sifatnya lebih ke motivational, sebab saya yakin benar bahwa bahasa Inggris itu sebenarnya memang tentang motivasi belajar dan CARA BELAJAR yang TEPAT tentunya. Salah motivasi maka daya dorong kita untuk belajar kita akan sangat lemas, hehe..
Ok rekan pengunjung TensesBahasaInggris.com yang terhormat, silahkan gabung dengan memasukkan Nama dan Email Anda langsung disini oke:BahasaInggrisGratis.Com
CARA PRAKTIS MENINGKATKAN VOCABULARY ANDA
Dalam belajar bahasa Inggris, jumlah kosakata (vocabulary) yang Anda miliki amat menentukan keberhasilan Anda.  Ibarat mendirikan bangunan, kosakata adalah batu batanya, sementara tatabahasa adalah teknik menyusunnya.  Semakin banyak Anda memiliki batu bata, akan semakin besar bangunan yang dapat Anda dirikan.  Semakin sedikit batu bata yang Anda miliki, semakin kecil pula bangunan yang dapat Anda dirikan.
Demikian pula dengan belajar Bahasa Inggris.  Semakin banyak kosakata yang Anda miliki akan semakin mudah Anda memahami pembicaraan atau tulisan orang lain dalam bahasa itu dan semakin mudah pula Anda dapat mengemukakan isi fikiran Anda dalam bahasa itu secara lisan maupun tulisan.  Sebaliknya, semakin sedikit kosakata bahasa Inggris yang Anda miliki, akan semakin sulit Anda memahami pembicaraan atau tulisan orang lain dalam bahasa Inggris dan akan semakin sulit pula Anda mengungkapkan isi fikiran Anda dalam bahasa Inggris, secara lisan maupun tulisan.
Berbeda dari batu bata yang dapat Anda beli sekaligus dalam jumlah banyak (asal Anda punya uang), kosakata tidak dapat dibeli dalam jumlah banyak sekaligus (meskipun Anda punya banyak uang).  Kosakata harus Anda pungut satu persatu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu.
Bagaimana cara memungut kosakata-kosakata itu?  Mudah saja.  Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering bertemu dengan kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris (entah itu melalui radio, televisi, tulisan iklan, tulisan di brosur obat, atau bertemu dengan orang asing yang berbahasa Inggris).  Di antara kata-kata bahasa Inggris itu tentu ada satu dua (atau banyak) kata yang tidak Anda ketahui artinya.  Nah, kalau Anda mau mencoba mengetahui artinya, dengan cara menebak artinya lewat konteks kalimatnya atau membuka kamus, maka Anda berarti telah memungutnya.  Sebaliknya, kalau Anda tidak peduli dan tidak ingin mengetahui artinya, maka Anda berarti tidak memungutnya.  Kata tersebut akan menjadi milik Anda ketika kata tersebut dapat Anda gunakan untuk memahami pembicaraan atau bacaan dalam bahasa Inggris, atau untuk berbicara atau menulis kepada orang lain dalam bahasa Inggris.
Untuk mengetahui arti suatu kata baru dalam bahasa Inggris, Anda dapat bertanya kepada orang lain, menebak dari konteks kalimatnya, atau menggunakan kamus (dwi-bahasa atau bahasa tunggal).  Kamus adalah alat yang paling praktis untuk mengetahui arti kata bahasa Inggris yang belum Anda kenal karena kamus dapat menjawab pertanyaan Anda setiap saat, meskipun di tengah malam.  Tentu saja Anda harus memilih kamus yang baik karena kamus yang kurang baik bahkan akan membingungkan Anda.  Kamus yang baik adalah kamus yang memberikan contoh konteks kalimat tempat kata dengan arti tersebut digunakan.  Ini penting karena konteks itu amat menentukan arti suatu kata.
Sebagai contoh, kata ‘jalan’ dalam bahasa Indonesia mempunyai arti yang berlainan kalau konteksnya berbeda.  Kata ‘jalan’ dalam kalimat ‘mobil saya tidak jalan’ mempunyai arti yang berbeda dari kata ‘jalan’ dalam kalimat ‘jalan di depan rumah saya rusak berat.’  Demikian pula dalam ‘jalan gadis itu terlalu cepat,’ ‘saya tinggal di jalan Gatot Subroto,’ dan ‘otak saya tidak jalan.’  Dalam bahasa Inggris, kata ‘rice’ dapat diartikan sebagai beras, padi, atau nasi tergantung konteksnya.  Tanpa konteks penggunaannya dalam kalimat, Anda akan keliru mengambil arti kata tersebut dan mengakibatkan Anda salah memahami pembicaraan atau bacaan dalam bahasa Inggris.  Apalagi dalam berbicara atau menulis kepada orang lain dalam bahasa Inggris.
Bagaimana cara praktis untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris kita?  Caranya mudah saja.  Usahakan sering bertemu dengan kosakata bahasa Inggris.  Kosakata bahasa Inggris banyak bertebaran di sekeliling kita di Indonesia ini, di papan reklame, selebaran iklan, surat kabar, majalah, radio, televisi, apalagi di internet.  Kalau kita tinggal di daerah pariwisata, kita bisa bertemu dengan turis asing yang berbahasa Inggris, dan dia juga membawa kosakata bahasa Inggris. Tinggal kita mau memungutnya atau tidak.
Kalau Anda tidak tinggal di daerah pariwisata, Anda masih dapat memungut kosakata bahasa Inggris melalui membaca.  Cobalah memungut kosakata bahasa Inggris yang bertebaran di mana-mana.  Misalnya, ketika Anda melihat kata ‘irresistible’ dalam papan reklame di tepi jalan dan Anda tidak tahu apa arti kata tersebut. Tentu saja, Anda tidak selalu harus berhenti berjalan atau menghentikan mobil untuk memungut kata itu.  Anda dapat mengingat-ingat kata itu lebih dahulu dan, ketika sampai di rumah atau kantor, Anda baru membuka kamus untuk mengetahui arti kata tersebut.  Kadang-kadang, Anda juga dapat menebak arti kata itu dari konteksnya tetapi, untuk memastikan kata itu menjadi milik Anda, sebaiknya Anda memeriksanya kembali di kamus.
Itu adalah cara memungut kosakata yang Anda temui secara tidak sengaja, di mana, saja, kapan saja.  Cara yang lebih baik adalah jika Anda sengaja menemui dan memungut kosakata baru itu.  Dalam hal ini, Anda secara sengaja membaca teks dalam bahasa Inggris dengan tujuan memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda.  Cara ini dapat Anda lakukan dengan ringan dan mudah.  Luangkan waktu sekitar 20 menit saja setiap hari (sebaiknya tidak lebih dari 30 menit sekali duduk, agar tidak menjadi beban).  Pilihlah buku atau tulisan yang menarik minat Anda.  Sediakan kamus yang baik, bisa kamus elektronik atau kamus tercetak.  Kemudian bacalah tulisan itu dengan santai, kalimat demi kalimat. Ketika Anda menemui kata-kata yang belum Anda kenal (tahu artinya), bukalah kamus dan carilah artinya.  Sesudah mengetahui semua arti kata dalam kalimat itu, cobalah memahami arti kalimat tersebut secara keseluruhan.  Dengan cara ini, kadang-kadang Anda akan menemui arti kata tersebut yang lebih pas daripada arti yang Anda temui di dalam kamus (karena ada konteks yang menjelaskannya).  Begitu waktu 20 menit itu habis, berhentilah membaca.  Tutuplah buku dan kamus itu, berapapun sedikitnya kalimat yang And abaca.
Memang, cara ini tampaknya amat lamban dan membosankan karena Anda harus membuka kamus berkali-kali.  Apalagi kalau banyak kata-kata yang belum Anda kenal.  Tetapi kelambanan itu memang disebabkan oleh sedikitnya perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda.  Nanti, setelah perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda semakin banyak, cara membaca Anda pun akan semakin cepat karena tidak banyak lagi kata-kata bahasa Inggris yang belum Anda kenal.
Situs ini menyediakan sarana untuk meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Inggris dengan cara mudah dan menyenangkan.  Cobalah pergi ke main menu (menu utama) situs ini.  Kliklah menu Learn English kemudian (setelah halaman itu keluar) klik menu Funny Storieis.  Di situ akan Anda temui beberapa cerita jenaka dalam bahasa Inggris dengan berbagai tingkat kesukaran: ada Elementary (tingkat dasar, 1000 kata), Intermediate (tingkat menengah, 2500 kata), dan Advanced (tingkat lanjut, 5000 kata).  Tingkatan itu ditunjukkan dalam judul dengan singkatan El  untuk Elementary, Int untuk Intermediate, dan Adv untukAdvanced.  Ada yang ditandai dengan Uncategorized (Un) yang artinya ‘Tidak dikatergorikan’ karena artikel itu diambil dari tulisan yang ada di berbagai media yang beredar untuk umum, bukan dari buku pelajaran.
Kisah jenaka dipilih karena kisah seperti ini menyenangkan dan menghibur, sehingga membuat belajar kita tidak membosankan.  Tetapi kisah seperti ini mempunyai kelemahan karena bahasa (kata-kata)-nya adalah bahasa umum, tidak spesifik untuk bidang studi tertentu.  Tetapi untuk tingkat awal, bahasa umum ini memang diperlukan dan mudah dipelajari.  Kalau Anda ingin mengenal kosakata yang spesifik untuk bidang studi Anda (misalnya tentang Islam, biologi, teknik industri, perminyakan, perdagangan) maka Anda dapat membaca buku atau artikel yang relevan dengan bidang studi tersebut.  Anda dapat menggunakan teknik memperkaya kosakata seperti yang telah diuraikan dalam paragraf sebelumnya.
Intinya, untuk meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda, Anda harus sering bertemu dengan bahasa Inggris dan memungut kosakata baru yang Anda temui dalam pertemuan itu.  Jangan mencoba menghafalkan kamus atau kosakata secara terpisah dari konteksnya.  Di samping itu sulit, membebani otak, juga tidak banyak manfaatnya.  Untuk mengingat arti kosakata yang sudah Anda pungut (agar kosakata tersebut benar-benar menjadi milik Anda), gunakanlah kosakata tersebut dalam kalimat, melalui membaca, menulis, mendengarkan, atau berbicara (sendirian atau dengan orang lain).  ‘Alah bisa karena biasa’ kata pepatah dalam bahasa Indonesia.  ‘Practice makes perfect’ (Praktek/latihan menjadikan kesempurnaan), kata pepatah dalam bahasa Inggris.
Selamat mencoba.  Insya Allah berhasil.
Belajar Bahasa Inggris Gampang dan Menyenangkan
Bahasa asing sepertinya sudah menjadi bahasa wajib buat kita terutama
buat pelajar,mahasiswa atau karyawan yang ingin punya jabatan lebih
tinggi pasti diwajibkan bisa berbahasa asing walau pasif tak hebat
lagi bisa aktif berbahasa asing apalagi inggris yang sudah menjadi
bahasa wajib apabila kita bekerja di Perusahaan asing dan bagi pelajar
atau mahasiswa yang bersekolah di sekolah yang sudah bertaraf
internasionl seperti Citraland,yang sebagian besar menggunakan bahasa
inggris sebagai bahasa pergaulan dilingkungan sekolahya.
Coba kunjungi http://bahasainggris.net disitu kita akan tahu betapa
bahasa inggris itu sangat mudah dan gampang dipelajari karena
cara-cara yang digunakan sangat praktis tanpa harus mikir apa aja yang
diomongkan dengan menggunakan bahasa inggris, dan kalimat atau
kata-kata yang dipakai itu yang hapir tiap hari kita gunakan.
Dengan belajar bahasa di http://bahasainggris.net kita serasa
belajardan ngobrol dengan teman kita karena bahasa yang dipakai
belajar adalah bahasa sehari-hari yang selalu kita tanyakan kepada
teman kita atau sebaliknya, pasti menyenangkan kalau kita bisa belajar
bahasa inggris dengan gampang dan menyenangkan biar tidak ada
pengajarnya tapi kita belajar dengan suasana yang mendukung dan itu
membanggakan apabila kita sudah bisa ngoceh dengan menggunakan bahasa
inggris.
Buat kita yang malu atau belum pd untuk bicara inggris di
http://bahasainggris.net kita bisa berlatih sebelum berhadapan dengan
buleleng sungguhan, iya khan?dijamin tidak akan grogi dan blepotan
karena kita bisa mengimbangi percakapannya, khan itu membanggakan
apalagi belajar dengan rajin dan tekun.
Coba kunjungi http://bahasainggris.net
Apa yang harus dipelajari untuk belajar pronunciation
http://www.duta4sukses.com/pronunciation-baru.jpg
Powered by 
Max Banner Ads
Materi Untuk Belajar Pronunciation
Belajar Pronunciation memang gampang-gampang susah. Belajar pronunciation sangatlah berbeda seperti belajar grammar atau belajar kosakata (vocabulary) yang sama-sama sudah sistematis dan terstruktur. Sedangkan pronunciation sebaliknya lebih bersifat intuisi, bentuk yang bebas bersifat feeling dan mengalir begitu saja.
Ada beberapa materi yang harus dipelajari berkenaan dengan pronunciation, yaitu sounds of english yang meliputi :
1. Sounds of vowel (suara vokal)
Suara ini terdiri dari dua bagian, yaitu 1. Monophtong dan 2. Diphtong sounds
2. Sounds of consonant (suara konsonan), dan
Suara yang hampir sama dengan suara atau bunyi konsonan dengan bahasa indonesia.
3. Sounds of combinations (suara kombinasi)
Suara kombinasi disini lebih kearah word connection, menyambung kata dengan kata, sehingga beberapa kata hanya dibaca menjadi satu atau dua kalimat saja. Salah satu contoh kombinasi disini ada di postingan saya yang lalu tentang 
belajar american T dan British T.
Dengan mempelajari ketiga pilar diatas, saya percaya kemampuan bahasa inggris anda akan semakin baik dan akan jauh lebih pesat. Anda akan dengan mudah mengucapkan kata atau kalimat berbahasa inggris, lebih mudah mengetahui rahasia kata dalam bahasa inggris, dan akan enjoy menikmati alunan musik atau film
berbahasa inggris.
Belajar Bahasa Inggris yang sukses dan cepat lebih sering dimulai dari pengetahuan tentang cara belajar bahasa inggris itu sendiri. Artikel di blog khusus seputar cara belajar bahasa inggris ini akan bermanfaat buat Anda. Prinsipnya, dalam belajar bahasa inggris berlaku ini: beda cara beda hasil. Contoh artikel yang dapat Anda baca misalnya tentang Menjadikan Bahasa Inggris Sebagai Bagian Dari Hidup. Tentu banyak lagi artikel lainnya.
Nah sekarang Anda saya ajak membaca puluhan bahkan ratusan artikel khusus tentang tips seputar cara belajar bahasa inggris tersebut. Anda bisa berinteraksi lewat form komentar atau bahkan menyumbangkan artikel Anda tentang topik ini. Mari sekarang kita berkunjung kesini:Tips Belajar Bahasa Inggris
Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris
belajar bahasa inggris by Lump Of Hesitation
I Reading a lot of interesting tweets in english, too bad i don’t understand english!! aargh *ngumpulin duit buat les bhs inggris*
Itu status Anang Pradipta di facebook. Respon pertama saya: “Ha? ELO? Nggak paham bahasa Inggris?! Hard to believe!
Dia lantas mengakui, bahasa Inggrisnya dulu oke banget. Tapi lantaran jarang digunakan, sontak luluh lantak.
Penguasaan bahasa asing memang soal kebiasaan. Bagi kita yang tinggal di negara ESL (English as Second Language), membiasakan diri berbahasa Inggris bukan perkara gampang. Kan tidak semua orang tinggal di dekat Jalan Jaksa!
Sebetulnya cara paling cepat menguasai bahasa asing adalah dengan tinggal di negara aslinya. Tapi untuk itu butuh paspor, visa, rekening gendut, dan dengkul (lutut) sekuat Gatot Kaca. Jadi kita coret saja cara ini. Yuk, kita pakai cara asyik belajar bahasa Inggris… cara Dian Ara!
Nonton Film
Saat nonton film, dengarkan dan perhatikan tiap kalimat (pola maupun kosakata), lalu secepat kilat geser mata ke teks terjemahan. Sesuaikan jenis film dengan apa yang Anda ingin pelajari.
Untuk belajar grammar, tonton film-film Inggris. English Patient dan Pride and Prejudice sangat saya rekomendasikan, tapi siapkan cukup waktu dan energi agar tidak ketiduran. Bila suka yang lebih ringan, coba Love Actually. Atau yang musikal, Around the World in 80 Days (versi pemenang Oscar, bukan remake memalukan yang dibintangi Jackie Chan).
Untuk belajar komunikasi sehari-hari, tonton film-film Amrik. Tersedia Curious Case of Benjamin Button untuk pecinta drama, Saw dan Hostel untuk penggemar gory, atau Knocked Up untuk penggila komedi. Ada pula “advanced class”, seperti Fight ClubV for Vendetta, dan Watchmen.
Untuk belajar rude slang, tonton film-film tentang gangster (Snatch, juga versi aslinya: Lock, Stock and Two Smoking Barrels, lalu tentu saja Cicade de Deusdan Pulp Fiction) dan perampokan (Italian JobOcean’s Eleven). Sementarahighschool-college slang bisa dipelajari dari Juno dan American Pie. Dan demi kesegaran mata, boleh juga “This is Spartaaa…”, hehehe…
Setelah itu,
Baca 2 Versi Buku
Pertama, baca versi asli buku berbahasa Inggris. Kalaupun banyak kosakata yang Anda belum kenali, cuek saja. Minimal otak bakal ingat. Setelah tuntas, baca versi terjemahan. Sekaligus untuk mempelajari arti kosakata yang aneh-aneh tadi.
Oke, ini lebih time-consuming. Tapi beginilah cara saya belajar. Lebih menyenangkan ketimbang kursus dan lebih murah ketimbang kuliah Sastra Inggris.
Tidak terlalu suka baca buku?
Baca Graphic Novel
Banyak graphic novel yang sudah diterjemahkan kok. Saya rekomendasikan
PersepolisWatchmenA History of Violence, atau Bone.
Cara lain yang tak kalah asyiknya,
Update Status
Di setiap attention whore nirvana (
twitterplurkfacebook, dll) yang Anda ikuti, update status dalam bahasa Inggris. Akan ada saja orang yang kelewat iseng untuk memperbaiki kalimat Anda.
Dan terakhir,
Berpikir dalam Bahasa Inggris
Saya sering melakukannya, dan sangat membantu lho.
Jangan Malu, Jangan Takut!
Bahasa itu, mengutip Djenar Maesa Ayu, cuma alat komunikasi. Yang penting komunikan paham, bodo amat biarpun bahasa Inggris Anda belepotan. Toh, bahasa Indonlish (Indonesian English) jauh lebih oke ketimbang Singlish (Singaporean English)Inglish (Indian English), apalagi Malinglish (Malingsian English). Masih bisa dipahami. Perhatikan status Anang di awal tulisan ini. Ada minimal 1 kesalahan tense dan 3 kesalahan ejaan, tapi Anda paham maksudnya kan? Jadi jangan malu, jangan takut. Speak Englishwrite English. Nantinya pasti terbiasa, lalu jago.
Oh ya, kalau ada yang berani menyebut Anda tidak nasionalis karena keseringan berbahasa Inggris, kontak saya ya. Biar saya tendang orang itu sampai Bogor!
alah satu alasan yang menyebabkan Anda gagal menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris adalah karena Anda menjadikan bahasa Inggris sebagai ilmu pengetahuan. Bahasa Inggris tidak sama dengan mata pelajaran lainnya seperti matematika, biologi, geografi, ekonomi, dan lain sebagainya. Bahasa Inggris adalah seperangkat keterampilan. Jika Anda sudah menjadikan bahasa Inggris bukan sebagai ilmu pengetahuan melainka keterampilan, Anda tinggal selangkah lagi untuk menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris versi Anda sendiri.
MENGAPA ANDA GAGAL MENEMUKAN CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS?
Mengapa bahasa Inggris itu dianggap sebagai seperangkat keterampilan. Hal ini dikarenakan bahasa adalah sebuah alat. Bahasa adalah sebuah alat yang digunakan oleh umat manusia untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Melalui bahasa, antara orang satu dan orang yang lainnya dapat saling mengerti mengenai pesan yang ingin disampaikan. Oleh karena bahasa adalah alat, maka dibutuhkan sebuah pendidikan agar setiap orang dapat mahir menggunakan alat tersebut. Nah, kemahiran menggunakan sebuah alat disebut dengan keterampilan. Nah, cara belajar keterampilan pun berbeda dengan cara belajar ilmu pengetahuan. Apabila Anda telah mengerti hal ini maka Anda dapat segera menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris menurut versi Anda.
Alasan berikutnya yang membuat Anda gagal menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris adalah karena Anda tidak memperlakukan bahasa sebagaimana mestinya. Bahasa adalah alat komunikasi. Jadi, apabila Anda ingin serius belajar bahasa Inggris, ya Anda harus segera praktek menggunakan alat (bahasa) itu sebagaimana mestinya sebagai alat komunikasi. Mulai dari sekarang, Anda harus sering-sering berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Ayo temukan teman-teman yang bisa Anda ajak untuk berlatih berbicara bahasa Inggris!
Alasan berikutnya yang membuat Anda gagal menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris adalah Anda mengira bahwa ada trik atau rahasia cerdik dalam mempelajari bahasa Inggris. Ingat, tidak ada rahasia khusus dalam mempelajari keterampilan! Apakah ada rahasia cepat belajar menjahit? Apakah ada rahasia cepat belajar mengemudi mobil? Apakah ada rahasia cepat belajar naik sepeda? Apakah ada rahasia cepat belajar main biola? Tidak ada! Mereka semua yang menguasai keterampilan itu belajar dengan cara praktek, praktek, dan praktek! Rutin dan serius berlatih mempraktekkannya! Itu saja tidak ada yang lain! Apakah Anda ingat ketika Anda pertama kali belajar naik sepeda? Apakah Anda dapat menguasainya dalam waktu sehari? Apakah Anda berencana untuk mempelajarinya 2x seminggu, seperti Anda kursus bahasa Inggris? Tidak, bukan? Anda belajar dengan cara praktek, praktek, dan praktek setiap hari! Tidak ada teori, hanya praktek! Demikian juga dengan bahasa Inggris, praktek praktek prakteklah!
Alasan berikutnya mengapa Anda gagal menemukan caara mudah belajar bahasa Inggris adalah karena Anda takut salah. Hoy, jangan takut salah! Duit Anda tidak berkurang ketika salah! Anda tidak akan dipukuli ketika salah! Anda pun tidak dapat nilai jelek ketika salah! So, jangan takut salah! Ketika Anda takut salah, Anda justru akan terus-terusan grogi dalam mempraktekkan bahasa Inggris dan itu akan sangat menghambat Anda! Ketika Anda sudah memahami keempat kesalahan besar yang telah Anda lakukan, maka Anda akan segera menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris menurut cara Anda sendiri.
BAGAIMANA CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS ITU?
Cara mudah belajar bahasa Inggris itu sederhana saja! Praktek, praktek, dan praktek! Itu saja! Selesai! Semakin Anda praktek, maka semakin Anda mahir. Itulah kuncinya! Silahkan mendownload 5 audio lesson conversation cara mudah belajar bahasa Inggris tanpa grammar GRATIS, Silahkan klik di sini!
PDF | Print
72434_451670779274_816244274_5297168_7999938_n By Arie Gusti
Pertama-tama saya ingin minta maaf kepada para pembaca karena sebenarnya judul blog ini cukup menyesatkan. Karena sebenarnya tidak ada cara mudah atau cepat untuk belajar suatu bahasa. Namun saya sebagai orang yang menguasai beberapa bahasa, antara lain bahasa Inggris dan Jepang, saya ingin sekali berbagi pengalaman saya pada waktu saya mempelajari bahasa-bahasa tersebut. Perkenalkan diri saya, nama saya Arie Gusti, saya menjabat sebagai Manajer Operasional di Teknos Genius Pusat, dan saya pernah tinggal di Amerika Serikat, tepatnya di kota Seattle selama 15 tahun.
Selama di Amerika tidak saja saya belajar bahasa Inggris secara natural dari lingkungan, tapi saya juga mendalami bahasa Jepang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar bahasa, khususnnya bahasa Inggris.
Bahasa adalah hal yang unik. Di satu sisi bahasa adalah hal yang paling mudah dipelajari, karena semua orang sudah terbiasa dengan suatu bahasa sejak kecil. Tapi pada saat yang sama bahasa juga adalah hal yang paling sulit untuk dipelajari sebagian besar orang. Ini dikarenakan untuk mempelajari satu bahasa tidak hanya harus menghapal kata-kata dan mempelajari struktur bahasa tersebut, tapi juga lingkungan yang dimana sangat berperan untuk pemahaman. Dan untuk mempelajari suatu bahasa kita tidak harus mengikuti dengan kurikulum pelajaran yang ada, tapi kita bisa belajar dari berbagai macam sumber.
Walaupun akhir-akhir ini bahasa Mandarin semakin popular dan semakin banyak peminatnya , namun demikian bahasa Inggris tetap yang paling banyak diminati . Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa terpenting di dunia, dengan jumlah speakers kurang lebih 400 juta orang yang dimana sebagian besar dari mereka berasal dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dll. Bahasa Inggris adalah bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari karena perbendaharaan kata yang sangat luas dan ejaan kata yang sulit. Namun bukan berarti bahasa Inggris tidak bisa dipelajari, dan untungnya bahasa inggris juga menggunakan huruf latin seperti bahasa Indonesia sehingga Banyak sumber yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris misalnya film, majalah, buku dsb
Selain fasih berbahasa Inggris saya juga cukup menguasai bahasa Jepang. Saya bisa fasih bahasa Inggris karena saya pernah tinggal di Amerika selama 15 tahun, sehingga saya cukup didukung dengan lingkungan yang memadai, Tapi waktu saya belajar bahasa Jepang saya tidak didukung oleh lingkungan yang memadai kerena saya tidak pernah tinggal di jepang dan belum pernah tinggal di linkungan Jepang. Sehingga saya harus belajar extra keras, ditambah lagi tidak ada guru yang membimbing saya dan tidak ada teman untuk berbincang, walaupun sekali-sekali saya suka menelepon teman Jepang saya di Osaka. Selain itu salah satu Kesulitan saya dalam belajar Bahasa Jepang adalah huruf Kanji yang sangat sulit untuk dipelajari, sehingga adalah sulit untuk saya membaca buku atau majalah Jepang waktu itu.
Pada prinsipnya belajar semua bahasa adalah sama. Dan karena itu untuk blog ini saya akan mencoba memberikan cara belajar bahasa Inggris dengan cara waktu saya belajar bahasa Jepang.
Jaman sekarang para muda mudi Indonesia sebenarnya sudah cukup menguasai setidaknya familiar dengan prinsip-prinsip dasar bahasa Inggris. Setidaknya mereka bisa menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan ringan. Dengan fasilitas seperti Internet, buku, film, majalah dll, orang sebenarnya sudah bisa belajar bahasa Inggris kapan saja asal mereka mau. Tapi apabila kamu sama sekali tidak menguasai bahasa Inggris dan ingin belajar yang pertama-tama kamu harus pelajari adalah Grammar atau struktur bahasa, ini sangat penting, sebelum kamu ingin menghapalkan vokabulari dan belajar yang lain-lain seperti idiom, kamu harus setidaknya cukup menguasai Grammar. Untuk belajar Grammar kamu bisa peroleh buku-buku Grammar bahasa Inggris dengan kualitas lumayan dan harga terjangkau di toko-toko buku seperti Gramedia atau Gunung agung. Atau kalau kamu punya akses Internet kamu bisa belajar di situs-situs belajar bahasa Inggris salah situs belajar favorite saya bernama smart.fm, dan akhirnya kalau kamu punya uang lebih kamu bisa mengikuti kursus-kursus kilat bahasa Inggris dengan harga terjangkau yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan perlu saya tekankan lagi, sebelum kamu beranjak ke step berikutnya seperti vokabulari atau idiom dll, kamu harus menguasai dulu Grammar. Karena tak ada gunanya kamu tahu kata-kata bahasa Inggris tapi tidak tahu cara menggunakannya. Misalnya kamu tahu arti kata car dan have tapi karena kamu tidak mengerti Grammar kamu menyebutnya have car i, yang sebenarnya i have a car.
Setelah merasa bahwa kamu cukup menguasai Grammar hal selanjutnya yang bisa kamu pelajari adalah menghapalkan vokabulari, Waktu saya belajar bahasa Jepang saya menghapalkan sekitar 20 kata sehari setiap hari. Yang juga bisa kamu iringi dengan menonton film-film berbahasa Inggris, atau membaca majalah berbahasa Inggris. Sewaktu kamu menonton film, coba kamu teliti kalimat-kalimat yang diucapkan oleh para Aktris dan Aktornya, dan coba ingat-ingat apakah kalimat-kalimat itu kamu sudah familiar? dan apakah kamu merasa pernah belajar Grammar kalimat-kalimat tsb? apabila terasa kurang familiar, coba rewind filmnya dan catat kalimat-kalimat tsb sebisa kamu, dan apabila menemukan kata-kata yang yang kamu belum tahu, silahkan lihat di kamus, begitu juga dengan Grammar, apabila kamu belum terlalu familiar dengan Grammarnya, buka buku bahasa Inggris kamu dan coba cari tahu.
Akhirnya kamu juga butuh teman untuk berbincang dengan bahasa Inggris. Kamu beruntung jika kamu punya teman, orang Australia misalnya yang bisa kamu ajak berbincang-bincang, tapi meskipun tidak jangan kecil hati, kita sekarang hidup di era Internet. Arena Social Networking seperti Facebook, Twitter, Yahoo messenger, Google Groups, dll bisa kita gunakan untuk kenalan dengan orang dari luar negeri, sehingga kamu bisa mempraktikan bahasa Inggris kamu.
Dan juga untungnya karena bahasa Inggris juga menggunakan huruf latin selayaknya bahasa Indonesia, kamu bisa coba membaca majalah dan buku atau novel berbahasa Inggris, selama membaca jangan asal membaca saja tapi perhatikan struktur kalimatnya, dan apabila kamu menemukan kosa kata yang belum kamu tahu, langsung catat dan kemudian cari di kamus dan hapalkan.
Teknik-teknik yang saya tunjukan diatas sebenarnya adalah teknik simple dan logis dan cukup powerfull, tapi dibutuhkan kemauan yang keras. memang ada saatnya kita feel down, seringkali karena kita sudah merasa menguasai Grammar dan hapal banyak kosa kata, eh begitu ketemu ama bule kita tetep aja nga ngerti sama sekali dia ngomong apa, atau ketika nonton film Hollywood tanpa subtitle kita nga ngerti aktor dan aktresnya ngomong apa. Jangan khawatir, ini semua normal dan bagian dari Learning Process. Percaya deh kalau kamu kerjakan dengan apa yang saya semua ajarkan diatas, dalam waktu 1 atau 2 tahun kamu bisa ngomong sama bule atau nonton film Hollywood tanpa subtitle.
Demikian yang bisa saya share, maaf kalau banyak kekurangan, dan kalau kamu masih ada pertanyaan, atau kalau menurut kamu ada kata-kata saya diatas yang kurang masuk akal, silahkan layangkan email kamu ke<a href=”mailto:
<!–
var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to’;
var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘=’;
var addy98723 = ‘ariegusti’ + ‘@’;
addy98723 = addy98723 + ‘teknosgenius’ + ‘.’ + ‘com’;
document.write( ‘‘ );
document.write( addy98723 );
document.write( ” );
//–>\n
<!–
document.write( ” );
//–>
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
<!–
document.write( ” );
//–>
“> 
ariegusti@teknosgenius.com Demikian terima kasih.
Jangan lupa bergabung dengan facebook kami untuk berita, blog dan tips pendidikan terkini
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcShLAlQbct5p1doARxhRNslWVNol2g-1o2mzkajUJcoYMhxJyifjACara Mudah belajar bahasa inggris - Belajar bahasa inggris mungkin terlihat sulit dilakukan, tapi tahukah Anda jika belajar bahasa inggris itu lebih mudah dari pada belajar bahasa jawa? Bahasa Inggris dalam kehidupan kita memiliki peranan yang sangat penting. dan jika kita mahir dalam berbahasa inggris, itu adalah sebuah modal yang sangat berarti karena bahasa inggris memiliki peranan yang sangat besar untuk komunikasi antar dunia ini. Dalam pemahaman belajar, Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar ini terbentuk dari lingkungan dan kebiasaan kita sehari-hari. Jika kita mengenal gaya belajar kita, maka kita bisa memilih strategi belajar yang efektif, yang disesuaikan dengan gaya belajar kita masing-masing.
Prinsip Yang Efektif
Belajar bahasa Inggris tidak sulit, tetapi juga tidak semudah membalik telapak tangan. Yang penting adalah kemauan dan ketekunan. Pakar pembelajaran Bahasa Inggris, H. Douglas Brown mengemukan lima prinsip belajar bahasa Inggris yang efektif berikut ini.
”Way of life” atau cara hidup. Jika kita belajar bahasa Inggris di negeri tempat bahasa tersebut digunakan sebagai Bahasa Ibu, umumnya kita akan lebih cepat menguasai bahasa tersebut karena kita setiap hari dikelilingi oleh bahasa Inggris, dari bangun tidur sampai kembali ke tempat tidur. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Demikian pula yang harus kita lakukan di Indonesia, jika kita ingin belajar bahasa Inggris dengan efektif: kita harus menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan kita. Artinya, kita harus mencoba menggunakannya setiap hari di mana mungkin. Untuk itu, kita bisa membaca, mendengar, ataupun berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris pada setiap kesempatan yang kita temui atau yang bisa kita ciptakan. Misalnya, kita bisa menyisihkan waktu tiap hari untuk baca satu artikel bahasa Inggris dalam satu hari. Kalau satu artikel belum mampu, satu paragraf atau satu kalimat per hari pun tidak jadi masalah. Kita jadikan kalimat tersebut kalimat kita hari itu, dan kita gunakan kalimat tersebut dalam segala kesempatan yang mungkin ada dalam hari itu.
Atau, kita bisa juga meluangkan waktu untuk mendengarkan segala sesuatu dalam bahasa Inggris (lagu, berita, atau kaset-kaset berisi pembicaraan dalam bahasa Inggris) untuk membiasakan telinga kita terhadap bahasa asing tersebut. Yang bisa kita lakukan antara lain adalah mendengarkan kaset-kaset (baik lagu, pidato, presentasi, atau kaset pembelajaran dalam bahasa Inggris) di mobil sepanjang perjalanan dari rumah ke kantor atau sebaliknya. Kita juga bisa mencoba untuk menulis dalam bahasa Inggris (menulis memo, surat pendek, ataupun menulis rencana kerja yang akan kita lakukan selama seminggu atau untuk hari berikutnya). Pada prinsipnya, kelilingi hidup kita dengan bahasa Inggris yang topik-topiknya kita senangi atau kita butuhkan.
”Total commitment”. Untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita, kita harus memiliki komitmen untuk melibatkan bahasa Inggris dalam hidup kita secara fisik, secara mental, dan secara emosional. Secara fisik, kita bisa mencoba mendengar, membaca, menulis, dan melatih pengucapan dalam bahasa Inggris, terus-menerus dan berulang-ulang. Secara mental atau intelektual, kita bisa mencoba berpikir dalam bahasa Inggris setiap kali kita menggunakan bahasa Inggris.
Misalnya, dalam memahami bahasa Inggris, jangan kata per kata, tapi arti secara keseluruhan. Kita bisa mencoba mengenali beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris yang memiliki arti yang kurang lebih sama, misalnya: How’re you?, How’s life?, How’s business? (jangan terpaku pada satu ungkapan saja). Dan, yang paling penting adalah keterlibatan kita secara emosional dengan bahasa Inggris, yaitu kita perlu memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar bahasa Inggris, dan kita perlu mencari ”hal-hal positif” yang bisa kita nikmati, ataupun yang bisa memberikan kita keuntungan jika kita mampu menguasai bahasa Inggris. Hal-hal ini akan memberikan energi yang luar biasa pada kita untuk tetap bersemangat belajar bahasa Inggris. Ketiga aspek (fisik, mental, dan emosional) ini harus kita libatkan secara total dalam proses belajar kita, jika kita ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih efektif.
”Trying”. Belajar bahasa adalah seperti belajar naik sepeda atau belajar menyetir mobil. Kita tidak bisa hanya membaca dan memahami ”buku manual” saja, tetapi kita harus mencoba menggunakannya. Pada tahap pembelajaran (tahap percobaan), sangat wajar jika kita melakukan kesalahan. Yang penting adalah mengetahui kesalahan yang kita lakukan dan memperbaikinya di kesempatan yang berikutnya. Akan lebih baik lagi jika pada saat mencoba kita mempunyai guru yang bisa memberitahu kita kesalahan yang kita lakukan. Guru tidak harus guru formal di sekolah atau kursus bahasa Inggris. Guru bisa saja sebuah kaset yang bisa kita dengarkan dan kita bandingkan dengan ucapan kita, sebuah buku pelajaran yang bisa kita baca dan cek jawabannya, atau bisa juga kenalan, ataupun kerabat yang bisa membantu kita jika kita ada masalah atau ada hal-hal yang ingin kita tanyakan. Kita tidak usah malu bertanya, dan tidak usah takut melakukan kesalahan. Dari pertanyaan yang kita ajukan dan dari kesalahan yang kita lakukan, kita bisa belajar banyak.
”Beyond class activities”. Jika kita belajar bahasa Inggris secara formal (di kelas, di kursus), biasanya jam-jam belajarnya terbatas: empat jam seminggu, enam jam seminggu ataupun delapan jam seminggu. Yang pasti jam belajar di kelas ini tentunya sangat terbatas. Agar belajar bisa lebih efektif, kita harus menciptakan kesempatan untuk ”belajar” juga di luar jam-jam belajar di kelas: berdiskusi dengan teman, mengunjungi websites yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris gratis, ataupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman-teman atau native speakers (baik melalui surat, email, ataupun percakapan langsung). Kita bisa juga mencoba membaca koran, majalah, buku-buku teks, mendengarkan radio, lagu, ataupun menonton acara-acara dan film. Agar proses belajar bisa lebih menarik, pilihlah topik-topik yang sesuai dengan minat kita, kebutuhan kita, ataupun yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang kita tekuni.
”Strategies”. Jika komitmen, keberanian mencoba, dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian hidup telah kita terapkan, langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi belajar yang tepat untuk menunjang proses belajar kita. Strategi ini bisa kita kembangkan dan kita sesuaikan dengan kepribadian dan gaya belajar kita masing-masing. Ada yang lebih mudah belajar dengan menggunakan ”cue-cards”, yaitu kartu-kartu kecil yang bertuliskan ungkapan atau kata-kata yang ingin kita kuasai disertai dengan contoh kalimat yang bisa menggunakan kata-kata tersebut. Kartu ini bisa kita bawa kemana pun kita pergi. Kapan pun ada kesempatan (pada saat menunggu taksi, menunggu makan siang disajikan, ataupun pada saat berada dalam kendaran yang sedang terjebak kemacetan), kita bisa mengambil kartu ini dan membacanya serta mencoba melakukan improvisasi dengan kata-kata baru dalam struktur kalimat yang sama. Ada pula orang yang lebih mudah belajar dengan langsung berkomunikasi lisan dengan orang lain atau native speakers. Dari komunikasi ini mereka bertanya, mendengar, dan memperbaiki ucapan dan meningkatkan kosa kata mereka dengan gaya belajar kita.
”Auditory learners”. Jika kita termasuk orang yang lebih mudah belajar dengan mendengarkan, maka kita memiliki gaya belajar ”auditory.” Jika ini gaya belajar kita, maka kita bisa memperbanyak porsi belajar dengan mendengarkan, misalnya mendengarkan kaset-kaset pelajaran bahasa Inggris, lagu-lagu favorit kita, ataupun berita, pidato dalam bahasa Inggris. Kita juga bisa mendengarkan percakapan-percakapan dalam bahasa Inggris di film-film favorit yang kita tonton di bioskop, televisi, ataupun VCD. Dengarkan ucapan, ungkapan yang digunakan, perhatikan konteks ataupun situasi di mana kata-kata ataupun ungkapan tersebut digunakan. Lakukan hal ini berulang-ulang maka kita akan bertemu dengan ungkapan serupa yang dapat kita latih secara berkala, sehingga kita bisa makin mahir mengucapkan dan menggunakannya.
”Visual learners”. Jika kita termasuk orang yang lebih mudah belajar melalui input visual (gambar, tulisan), maka kita memiliki gaya belajar ”visual”. Banyak sekali strategi yang bisa kita lakukan. Kita bisa membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris yang kita anggap penting, dan menarik di surat kabar, majalah, ataupun internet, untuk kemudian kita coba ceritakan kembali dengan kata-kata yang kita susun sendiri, baik dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk ucapan. Kita bisa juga membaca dan mempelajari contoh surat, proposal, brosur yang sering kita temui dalam melakukan pekerjaan kita.
Untuk mencoba memahami suatu konsep abstrak, kita bisa menggambarkannya dalam bentuk visual: ”flow chart”, tabel, ataupun bentuk-bentuk visual lainnya.
”Kinesthetic learners”. Jika kita lebih suka belajar dengan melakukan sesuatu atau bergerak, maka kita bisa belajar dengan menggunakan komputer (di mana kita harus menekan tombol di keyboard, atau mouse), sehingga kita tidak cepat bosan. Kita bisa juga bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan bahasa Inggris (English Club) yang memiliki banyak kegiatan dan permainan yang melibatkan gerakan. Yang juga bisa kita lakukan adalah belajar dengan menulis (menggerakkan tangan untuk menulis), atau mencoba memahami sebuah kata atau ungkapan dengan membayangkan gerakan yang bisa diasosiasikan dengan arti kata-kata tersebut.
Setiap orang bisa memiliki lebih dari satu gaya belajar (misalnya auditory dan visual, atau visual dan kinesthetic). Apa pun gaya belajar kita, jika kita sudah mengenalnya, bisa kita cari dan terapkan strategi belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar tersebut agar hasilnya bisa lebih efektif.
by admin on Tuesday, April 19th, 2011 | 5 Comments
Kali  ini saya ingin berbagi cara saya menulis artikel unik di blog-blog bahasa inggris. Dulu saya pernah pakai tool atau plugin yang bisa menghasilkan artikel tapi menurut saya hasilnya kurang memuaskan. Kira-kira dari 10 artikel yang terbuat hanya 1  atau 2  saja yang benar-benar menghasilkan traffik. ini artinya rasio keberhasilan posting hanya 10:1. Namanya juga autoblogging, kalau ingin traffik banyak dari autoblog harus punya banyak posting 10 kali lipat dari blog biasa.
Kemudian saya punya blog lain yang juga berbahasa inggris. Untuk mengisi posting saya coba menyewa penulis lepas. Waktu itu , saya minta agar setiap bulan si penulis mengisi 30 posting baru dan tidak boleh copy-paste. Jika terdeteksi copy-paste maka perjanjian batal. Selama 2 bulan pertama kegiatan posting lancar namun ternyata traffik yang dihasilkan tidak begitu maksimal.
Akhirnya saya putus  juga perjanjiannya dan pada bulan ke-3 saya mulai menulis posting sendiri. Memang untuk tahap awal pasti kesulitan karena tidak terbiasa, tapi asalkan kita belajar dan ada alat bantunya akan lebih mudah.
Cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris
Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris adalah dengan menemukan tutorial yang cocokmudah dipahami, dilengkapi dengan latihan dan dapat dipraktikan. Untuk belajar bahasa inggris secara mudah,sejak dulu saya memilih CARAKITA sebagai tutorial yang paling bagus.
Carakita memiliki cara yang unik, cepat, tepat, dan mudah dipakai.
1.  Cara unik : Jika di kursus-kursus bahasa inggris , buku-buku maupun tutorial kita belajar bahasa inggris menggunakan bahasa inggris dan diminta menerjemahkan bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia maka diCARAKITA malah sebaliknya. Pelajaran disampaikan menggunakan bahasa indonesia, dan kita diajari untuk menerjemahkan bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris.
Penyampaian grammer juga disampaikan dengan pendekatan tata bahasa indonesia. Ketika anda belajar CARAKITA mungkin anda tidak tahu apa itu future tense tapi saya yakin anda bisa menggunakan.
2. Cara Cepat : materi yang diajarkan adalah materi yang paling sering dipakai sehari-hari. Tapi semua materi telah mencakup semua materi dalam tata bahasa inggris. Untuk mempercepat belajar, telah disediakan satu paket kamus yang membantu anda dalam berlatih.
3. Tepat : Semua materi disusun secara rapi , tepat, mudah dipahami dan dilengkapi latihan-latihan yang harus anda kerjakan.
4. Mudah dipakai : CARAKITA memiliki instruksi sendiri dalam cara belajar, bila anda mengerjakan dan melakukan sesuai instruksi kemungkinan sukses mencapai 99%.
Dulu ketika saya baru beli , langsung saya print semua materi. Terus saya jilid dalam bentuk buku. Setiap soal saya kerjakan. Sehingga saya benar-benar memahami materi.
Silahkan lihat webnya dan download contoh-contoh materi dan latihannya , anda akan paham maksudnya di atas.
CARAKITA juga saya ajarkan pada beberapa anak kelas SD, dan menurut mereka teknik yang saya ajarkan lebih mudah dipahami dari pada materi di sekolah. Kalau anak SD aja bisa paham , masak yang sudah dewasa masih bingung…Normalnya harus lebih mudah.
Alat Bantu menulis posting bahasa inggris
kalau anda menguasai materi CARAKITA 90% , saya yakin menulis artikel bahasa inggris 600 atau 1000 kata bukan masalah. Namun mungkin kendala yang bagi para pemula adalah kosa kata yang masih terbatas. Untuk mengatasi itu , saya gunakan google translate.Bahkan kalau sedang malas atau banyak kerjaan, saya tulis dulu semua artikel dalam google translate lalu saya baca ulang hasil translate-nya dan dikoreksi bila ada kesalahan.
Dengan menggunakan google transalate menulis artikel unik dan original tidak lebih dari 1 jam. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan google translate, jangan langsung copy-paste hasil transalte ke posting wordpress. Tapi copy-paste  dulu ke notepad, kemudian dari notepad baru dipindah ke wordpress.
Agar hasil penulisan sempurna, jangan lupa menambahkan kompenen SEO dalam artikel. Yang jelas dengan menulis artikel sendiri blog yang kita miliki lebih unik, lebih interaktif, dan lebih disukai pengunjung. Selain itu, kita bisa menambahi dan memperbaiki setiap kekurangan.
sebagai penyemangat menulis blog baca artikel dapat $680/bulan dari adsense dengan 1 blog
Sebelum mulai membaca, anda perlu tahu bahwa: Belajar bahasa Inggris memerlukan aksi. Anda mungkin saja sudah mengetahui tips belajar bahasa Inggris, tetapi jika Anda tidak mulai melaksanakannya, itu berarti Anda tidak akan mencapai keberhasilan apapun.
Oleh karena itu metode ini tidak hanya dibaca saja; tetapi juga dibaca dan dilaksanakan.
Anda memerlukan dua hal untuk belajar bahasa Inggris dengan baik yaitu
1. Passion dan
2. Metoda belajar yang efektif – dan yang paling penting adalah passion (daya tarik).
Mengapa? Karena passionlah yang membuat kamu ingin belajar bahasa Inggris; sedangkan metoda belajar hanya memberitahu Anda mengerti bagaimana melaksanakannya dengan lebih cepat.
Jika Anda mencintai belajar bahasa Inggris maka:
· Anda akan belajar secara teratur
· Menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar bahasa Inggris.
· Belajar bahasa Inggris akan menjadi lebih mudah. Hal ini bisa terjadi karena otak Anda mudah mengingat informasi mengenai hal-hal yang Anda sukai. (Contohnya, beberapa orang yang suka pelajaran sejarah akan mengetahui segala hal tentang Perang Dunia II. Jika Anda meminta “seorang biasa” untuk mengingat semua fakta-fakta ini, mereka akan kesulitan mengigatnya).
Kami tahu bahwa Anda mungkin tidak suka belajar bahasa Inggris. Dan bahkan walaupun Anda menyukainya, kadang-kadang Anda tidak ingin mempelajarinya. Inilah cara psikologi manusia bekerja – kadang-kadang kita begitu malas, bosan dan lelah sehingga kita tidak ingin apapun sekalipun kita menyukai hal-hal tersebut.
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan ketika merasa enggan belajar bahasa Inggris:
· Imaginasikan dirimu di masa depan
1. Bayangkan dirimu dapat berbicara dengan native speakers seperti layaknya Anda berbicara menggunakan bahasa Indonesia.
2. Bayangkan orang lain ingin berbicara selancar Anda.
3. Bayangkan mudahnya menulis e-mail ke siapa saja di seluruh dunia.
· Ingat bahwa Anda sudah baik.
1. Anda sudah tahu sedikit bahasa Inggris (Anda sedang membaca sebuah artikel tentang bahasa Inggris sekarang). Ini adalah langkah menuju sukse yang penting sekali!
2. Sekarang waktunya untuk kesuksesan yang lebih besar. Waktunya untuk memulai dengan metode belajar yang lebih efektif. Saatnya untuk mahir berbahasa Inggris secara impresif.
· Gunakan bahasa Inggris kapan saja. Ini sangat penting. Semakin banyak Anda memakai bahasa Inggris, semakin banyak yang ingin Anda pelajari. Karena bahasa Inggris itu begitu popular maka Anda dapat menggunakannya di mana-mana.
1. Anda dapat menggunakan Yahoo untuk menemukan website berbahasa Inggris dengan informasi yang menarik.
2. Anda dapat menonton film Amerika atau lainnya atau bermain game petualangan di internet dengan bahasa Inggris,
3. Membaca buku yang menarik dalam bahasa Inggris atau anda dapat menulis hal-hal yang menarik. Jika Anda melakukan hal-hal ini, Anda tidak hanya belajar bahasa Inggris tetapi juga menikmatinya.
4. Jika Anda melihat bahwa sebuah kata asing membuat Anda bisa mengerti pertunjukkan TV favorit Anda (atau berkomunikasi dengan orang lain atau mengalahkan sebuah game komputer), itu berarti Anda akan ingin belajar lebih banyak lagi kata-kata asing lainnya.
· Berbicaralah kepada siapa saja tentang bahasa Inggris. Ini adalah metoda yang sederhana, tetapi sangat efektif.
· Temukan teman yang juga belajar bahasa Inggris. Jika Anda dapat menemukan seseorang yang belajar bahasa Inggris dan berada pada ketrampilan yang sama, Anda akan berada pada situasi yang baik sekali:
1. Anda dapat mencari seseorang yang bisa diajak berbicara dalam bahasa Inggris.
2. Percakapan dalam bahasa Inggris akan meningkatkan minat Anda dalam berbahasa Inggris.
3. Belajar akan menjadi lebih mudah, karena Anda bisa mendiskusikan masalah Anda dengannya.
4. Anda akan belajar lebih banyak tentang bahasa Inggris, karena Anda ingin menjadi lebih baik dari pada teman Anda.
Anda harus bertemu dengan teman Anda secara teratur. Idealnya dia sebaiknya tinggal dekat dengan Anda, pergi ke sekolah yang sama. Jika Anda benar-benar tidak dapat menemukan seorangpun yang ingin belajar bahasa Inggris, Anda bisa mencoba menemukan seseorang dengan menggunakan e-mail. Ini adalah solusi yang kurang begitu efektif: percakapanmu akan lebih sedikit, dan sulit untuk berkompetisi dengan seseorang yang tidak begitu mengenal Anda.
· Belajar bahasa Inggris adalah investasi untuk masa depan. Jika Anda menghabiskan uang untuk sesuatu yang berharga maka Anda ingin menggunakannya. Contohnya, jika Anda membeli raket tenis yang mahal maka Anda akan pergi bermain tenis setiap hari. Hal ini berlaku pula dengan bahasa Inggris. Jika Anda ingin meningkatkan keinginan Ada belajar bahasa Inggris maka investasikanlah uang Anda untuk belajar bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar