Jumat, 27 Mei 2016

PENGALAMAN PPL



REFLEKSI DIRI
Pada hari selasa, 01 September 2015 adalah hari pertama pertemuan saya dengan sekolah SMA .......Pematangsiantar dalam rangka pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan ini saya lakukan sebaik mungkin bukan semata-mata hanya untuk memenuhi mata kulih PPL tapi untuk mengetahui lebih jauh pekerjaan yang akan saya geluti nantinya,  bagaimana sebenarnya sikap dan tindakan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya.
Kegiatan awal saya adalah melakukan observasi mengenai keadaan sekolah tersebut, mulai dari bentuk fisik, siswa, manajemen, organisasi dan  hubungan di masyarakat. Dari hasil observasi itu saya menyadari ternyata tugas seorang guru bukan hanya berada di dalam kelas memberikan materi pelajaran kepada anak didiknya, tetapi tugas utama seorang guru adalah mendidik peserta didik untuk menjadi manusia yang berakal budi, berdisiplin, kreatif meningkatkan keimanan dan taqwa peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Setelah satu minggu melakukan observasi, barulah saya masuk kedalam kelas untuk mengajar siswa. Pada awalnya saya merasa canggung karena semua mata memandang saya. Untuk mengatasi hal tersebut dan atas permintaan langsung dari siswa, saya langsung menyapa dan memperkenalkan diri kepada mereka dan menyuruh mereka memperkenalkan diri.
Seiring dengan berjalannya waktu, saya pun mulai mengenal sifat asli dari siswa tersebut. Dulunya agak pendiam sekarang sudah mulai ribut di kelas, dulunya aktif mengerjakan PR sekarang sudah sudah berkurang tapi saya sudah terlanjur sayang kepada mereka. Awalnya saya merasa Guru PPL kurang dihargai tapi ternyata itu semua salah besar karena mereka sangat menghargai. Sebagai calon pendidik, sifat siswa yang mulai malas tersebut tidak boleh dibiarkan. Di samping menguasai materi pelajaran saya harus mampu menguasai kelas dan melakukan pendekatan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa.
Selama melakukan PPL di sekolah tersebut saya merasa nyaman dan senang akan keramahan dan kekompakan antara guru dan staf pegawai serta rekan-rekan saya mahasiswa yang melaksanakan PPL di SMA ............................... dan akhirnya setelah berada kurang lebih 3 bulan bersama dalam suka-duka, canda-tawa dan bahagia, kami harus berpisah dengan guru-guru dan peserta didik yang kami cintai. Expecially for class XI-IPA-IPS  mulai dari yang imut-imut, keren-keren, pendiam, pintar-pintar sampai yang cerewet sangat, I love you all. Kalian akan selalu miss kenang.
J J J
Oleh berkat Tuhan serta bimbingan dari guru pamong dan dosen pembimbing, saya dapat melalui masa-masa PPL ini dengan baik.
Sekian dan Terimakasih.
                                                                                                Pematangsiantar,      Desember 2015
                                                                                                             Calon Pendidik

             Erna Uli Simbolon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar